Electric Scooter for Kids Boulder Colorado

Electric Scooter for Kids Boulder Colorado

Biologi 1. porifera memiliki nama lain spons berdasarkan bentuk tubuhnya yang lunak dan memiliki pori-pori, apakah ciri-ciri porifera yang lain

1. porifera memiliki nama lain spons berdasarkan bentuk tubuhnya yang lunak dan memiliki pori-pori, apakah ciri-ciri porifera yang lain

Jawaban:

struktur porifera sebagian besar spesiesnya memiliki kerangka yang terbuat dari serabut spongin. Itulah yang membuat tubuhnya seperti spons.

Ukuran mereka juga bervariasi, ada yang tumbuh hanya beberapa milimeter hingga yang bermeter-meter. Habitatnya ada di perairan, umumnya di lautan, tapi sebagian ada yang hidup di perairan tawar

Penjelasan:

ciri ciri Porifera

Organisme multiseluler primitif.

Habitatnya di perairan, umumnya lautan dan sebagian di perairan tawar.

Memiliki bentuk tubuh seperti tabung atau vas bunga. Tapi, bentuknya asimetris dan bervariasi.

Permukaan tubuhnya berpori (ostia) dan ada bukaan yang paling besar di bagian atas (osculum). Selain itu mereka tidak memiliki rongga sejati, yaitu tidak bisa dibedakan antara organ-organnya, seperti mata, hidung, dan telinga. Itulah mengapa Porifera bersifat parazoa.

Karena tidak memiliki rongga sejati atau jaringan tubuh, maka Porifera tidak memiliki sistem saraf, pencernaan, dan pernapasan. Sistem di dalam tubuhnya bekerja hanya melalui aliran atau saluran air yang keluar-masuk lewat pori-pori tubuhnya.

Pencernaan dilakukan secara intraseluler di dalam koanosit dan amoebosit.

Tubuhnya melekat pada suatu dasar dan sedenter (menetap).

Memiliki tiga tipe saluran air, yaitu askon, sikon dan leukon.

Termasuk hewan diploblastik, yaitu terdiri dari dua lapisan tubuh luar (epidermis) dan dalam (koanosit). Di antara kedua lapisan tersebut, terdapat mesoglea yang berbahan kental dan terdapat sel amoebosit, skleroblas, dan arkheosit.

Sebagian besar hewan spons merupakan hewan hermafrodit. Jenis kelamin Porifera tidak terpisah antara jantan dan betina. Dengan kata lain, di dalam satu tubuh terdapat dua jenis kelamin sekaligus.

Reproduksi dilakukan secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dengan cara tunas dan fragmentasi. Sedangkan, reproduksi seksual dengan cara fusi gametik.

[answer.2.content]